kehilangan..

Ugh. Sepertinya saya akan kehilangan satu distro favorit😦 Sudah lama tidak dimutakhirkan dan kini salah satu kontributor besarnya mundur. Meski bukan tergolong jemaah gereja emacs (yay for vim!) saya adalah fansnya kyai Stallman alias Santo iGNUcius (j/k)😉 Untuk itu distro GNU/Linux yang bebas adalah jalan hidup yang harus ditempuh. hehehe serius amat.

Kanotix menjadi favorit karena pada dasarnya dia adalah Debian Sid, alih-alih hasil modifikasi, koreksi, maksudnya menggunakan repositori yang berbeda, seperti distroyangtidakperludisebutnamanya. Seperti knoppix, satu cakram optisnya bisa menjadi CD hidup dan juga bisa diinstal dengan baik dan mudah. Tapi saya lebih suka dengan pilihan paket dan tataletak kanotix. Bagi orang pemalas seperti saya, ini artinya kehilangan cara instalasi desktop yang singkat dan jitu (<20 menit! lengkap dengan X dan aplikasi desktop yang sering dipakai. beat that, vista!:P). Terimakasih banyak buat lh atas jasanya selama ini.

Tapi kalau melihat perkembangan d-i sepertinya saya tidak terlalu banyak kehilangan ;)Tampaknya etch akan menjadi rilis Debian  yang sangat tangguh. Oiya, sebetulnya ada fork (kalau boleh dibilang sebagai fork) kanotix, yaitu sidux. Sehingga kita bisa hidup dengan paket paling mutakhir (sid) tapi ada dukungan untuk kestabilan. Walaupun begitu, saya ragu akan menggunakan sidux, tampaknya satu DVD etch cukup memenuhi kebutuhan. Sudah lebih enam tahun saya pakai linux (padahal saya bukan “orang IT”), dan boleh saya bilang bohong besar (FUD) kalau pak mentri bilang dukungan drivernya merepotkan. Perkembangan linux sangat menggembirakan. Dan etch (walaupun masih RC) adalah buktinya. Jadi pada akhirnya, saya tidak terlalu kehilangan🙂

dimutakhirkan (20070118): menambah taut, klarifikasi, dan  menambah kalimat pada paragraf akhir

3 Tanggapan so far »

  1. 1

    ariekeren said,

    turut berduka cita.. jadi sekarang pakai apa? filosofinya rada mirip dgn gw ya lo bot? = GUI yg nyaman dan harus *NIX.

  2. 2

    decy said,

    tulisannya tentang apa sih bot? boten ngertos…^_^

  3. 3

    obot said,

    @ ariekeren. sekarang masih pakai debian sid. masih ngiler macbook 13″ seeh (tp no internal modem, >2kg, ga dulu deh)

    @ decy. kasih gue mpek2 dulu, ntar dijelasin deh hehehehe


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

