Penentuan 1 Ramadhan 1425 H

Sebelum Ramadhan yang insya allah akan dimulai kamis (14 Okt) ini, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada hal-hal yang mengganjal. Semoga ramadhan kali ini bisa menyadarkan kita bahwa usaha mengendalikan diri perlu dilakukan sepanjang hayat, baik ketika ramadhan ataupun bukan. :pray:

Ihwal penentuan 1 Ramadhan, rupanya banyak yang belum mengetahui kapan puasa dimulai sebab ketika ngobrol bareng anak-anak, masih ada yang bertanya-tanya… Biasanya kemudian timbul pula kebingungan dalam membedakan hari dimulainya puasa dan awal ramadhan.

Setelah mencoba aplikasi [KStars](http://edu.kde.org/kstars/ “KDE-KStars”) ternyata apa yang terjadi lebih mudah dipahami (setidaknya buat saya). Jika kita lihat gambar berikut:

peta langit 14 Oktober 2004

Tampak bahwa pada *saat matahari terbenam* (di sebelah kanan garis hijau/di bawah ufuk) hari Kamis 14 Oktober esok, bulan telah muncul di atas horizon (meski dalam kasus ini tidak terlalu tinggi) yang artinya bulan baru telah dimulai. Oleh karena itu, maka dapat ditetapkan sebagai *awal bulan Ramadhan.* Tentu saja, saat itu malam telah tiba, oleh karenanya kita **mulai berpuasa keesokan harinya** (Jumat). Inilah mungkin yang membingungkan banyak orang, yaitu karena kalender hijriyah menghitung pergantian hari baru saat matahari tenggelam, tidak seperti pada kalender biasa yang dimulai pukul 00.00.

Kontroversi yang sering terjadi dalam penentuan awal Ramadhan/Syawal, biasanya berkisar antara kemungkinan terlihatnya bulan secara langsung bila dibandingkan dengan perhitungan astronomis. Mengenai hal tersebut, kita serahkan saja kepada pemerintah sebagai lembaga yang berwenang. KStars tidak bisa kita jadikan sebagai penentu awal Ramadhan, tetapi setidaknya bisa membantu kita melihat representasi apa yang sedang terjadi dengan Bulan, Bumi, dan Matahari.

> **Tambahan** (2004/10/13)

> * Tidak dijelaskan mengenai konjungsi/ijtima’.
> * Semestinya ditambahkan bahwa pada hari sebelumnya (Rabu, 13 Okt), saat matahari tenggelam, bulan belum muncul (masih di bawah ufuk) dan pada hari berikutnya (15 Okt), posisi bulan sudah sangat tinggi (pasti terlihat)
> * Ada artikel bagus mengenai masalah ini di [kompas](http://www.kompas.com/kompas-cetak/0410/13/humaniora/1323833.htm) dari ahlinya (astronom *betulan*🙂 )

4 Tanggapan so far »

  1. 1

    niatiti said,

    obs …gimana ya..aye dengan polosnya puasu besok:?:

  2. 2

    niatiti said,

    nambah lagi…blognya lucu …kawaii…hehehe:mrgreen:

  3. 3

    obot said,

    :no: ampun deh, ternyata banyak yang salah sangka ya.. 1 Ramadhan memang hari ini (mulai maghrib), so.. puasanya mulai besok (Jumat). perlu latihan menulis dengan jelas nih gue😯

  4. 4

    alfa said,

    Kawan, di mana saya bisa dapatkan software KStars? Atau yang semisal dengan itu, yakni yang bisa ngasih tau bagaimana sebenarnya peristiwa lahirnya bulan baru di angkasa. Saya pake Win98.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: