don hasman

menyaksikan 7×80 slide yang indah ditampilkan oleh sang
master, don hasman, wuih… bak mendapat durian runtuh. om
don sendiri bilang tadi itu sepertinya jumlah slide
terbanyak yang pernah beliau tampilkan🙂

buat aku pribadi, suguhan tersebut lumayan dapat
menghilangkan kegundahan hati setelah kehilangan sejumlah
uang. tidak hilang dalam arti harfiah, tapi aku harus
merelakan uang tersebut berpindah tangan. akhirnya memang
teringat, bahwa aku pernah menjanjikan sesuatu yang belum
aku penuhi. alhamdulillah untuk peringatanNya.

kembali ke om don, –kalo paman don kok nggak pantes ya:)
koleksi beliau sungguh menawan dan ngabibita
(membuat ingin) hunting foto karena tanpa basa-basi dengan
hal-hal teknis, beliau menggugah pengambilan sudut pandang
fotografis baru untuk budaya dan alam hedonesia.

salah satu hal yang agak mengkhawatirkan, dalam
penelitiannya di baduy (orang baduy sendiri menyebut diri
mereka urang kanekes), beliau melihat masuknya
budaya yang tadinya tidak pernah ada. tenunan kain baduy
yang khas, kini telah dirasuki motif-motif sulaman baru
yang tentu saja bukan asli leluhur mereka. entah baik atau
tidak, yang jelas hal ini menunjukkan bahwa mulai ada
pemikiran untuk berkompromi dengan apa yang laku di luar
sana (pasar). dan ini terjadi di baduy dalam(!).😦

masih dalam hal tenunan, ternyata kini mereka menggunakan
bahan pencelup sintetis. tentu saja tanpa memperhatikan
bahaya dari bahan tersebut. om don sempat berspekulasi
bahwa dalam satu dekade mendatang kanker
mungkin akan menyergap warga kanekes. selain memang angka
harapan hidup yang relatif rendah karena faktor nutrisi,
kerja keras, dan perkawinan sedarah, bahan kimia
karsinogenik ini dapat menggiring mereka menuju kepunahan.

sebenarnya masih banyak yang ingin ditulis. mungkin esok.
sebab untuk hal yang lain, hati ini jadi gundah rupanya.

12 Tanggapan so far »

  1. 2

    daning said,

    😀
    hei….apa kabar obot????
    ini obotnya adin kan???

    senengnya aku baca curhatanmu…kemaren acara oom don bawa `sesuatu` yang `lain` ya buat yg pengen nerusin hobi jeprat jepretnya? hehe😀
    kalo mau lagi…oom don mau kok diajakin ngobrol banyak soal foto2.

    o ya salam buat smuanya yaa..

    btw, di rmh ku yg skr enak bgt buat pengamatan burung, jadi nyesel aku ga pernah belajar beneran soal pengamatan burung🙄

    eh kalo ada cerita2 lagi…tlg kasih tau aku yaa…

    thx😛

  2. 3

    Don Hasman said,

    Obot yth., terima kasih atas informasi dan komentar tentang Badui yang pernah saya bawakan saat ceramah ttg rumah adat Sunda. salut atas kemampuan anda menyerap apa yang saya sampaikan pd waktu itu. kalau mau ke Badui nanti saya baru punya waktu pd akhir tahun ini (Desember 2007). berhubung sampai dengan tgl 28 November jadwal saya sudah penuh.
    Apabila anda beserta yg teman2 yg memberi komentar ke anda, saya siap untuk mempresentasikan slide ttg Badui yg durasinya sekitar 1 setengah jam/90 menit, sebelum anda dan teman2 ke Badui.
    Saat ini saya masih berada di Manado, Sulawesi Utara, kembali akhir bulan Juni 2007.

    Salam Ilmiah

    Don Hasman

  3. 4

    obot said,

    Oom Don… terimakasih telah berkunjung. senang sekali dengan ajakannya. semoga bisa direalisasikan. nanti akan saya hubungi via emai. trims!

  4. 5

    daku said,

    nyari di google dengan keyword don hasman masuknya disini😀
    salam kenal semua…
    besok pagi mau ikutan semiran om don tntg landscape di focus… jadi musti cari2 info dulu siapa pembicaranya heuheue

  5. 6

    isi jogja said,

    om don kapan ke isi lagi bawa poto2 baru lagi ya………. biar wawasan kita ke buka. hidup om don

  6. 7

    Benny Boy eks LENSA UAD said,

    wei….lam kenal…..bayangin bro…kalo oom don moto event anak bikerss..
    kebayang gak…doain berjalan lancar….secara….gw dah ajak dia sejak beberapa bulan untuk ketemuan…baru bisa tadi siang….byangkan betapa sibuknya seorang don hasman.

  7. 8

    obot said,

    Oom Don moto bikers?? Wow!!! Good luck on the photoshoot. Share hasilnya ya.. Foto-fotoku di zooomr.com/obot

  8. 9

    Arief said,

    Dear Mas Don,
    Saya ada baca seminar fotografi jurnalistik yang diadakan canon tgl 31 mei nanti. Saya minat ikut. Saya ingin tahu lebih banyak tentang anda, hasil fotografi anda, dsbnya. Mohon saran bagaimana saya bisa lihat foto2 anda.
    Sekian, terima kasih.
    Regards,
    Arief Odon

  9. 10

    andre said,

    keren dah om don.. keren..

    dah kebaduy kah bersama Om don??

  10. 11

    fahrie said,

    aku tahu tentang om don awalnya karena baca majalah nusantara jurney, trus nemuin lagi berita om don diberbagai surat kabar, ahirnya menyengajakan diri brosing diinternet buat nyari profile atau apa kek yag bau2 om don( emangnya apaan bau? sorry g bisa nyari kata2 yg tepat )
    btw salut banget ma om don.meski secara usia dah tuwir tapi semangatnya berkaryanya brow, endroww eh endaang…..

  11. 12

    Dwi said,

    akhirnya.aku sih inget banget sama om don, waktu presentasi di jogja yg sama olympus itu. makasih banyak ya om don. tanda tangannya di strap saya…


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

